Negeri Di Atas Awan Geoforest Watu Payung Turunan

Geoforest Watu Payung Turunan ~ Banyak sekali wisata di perbukitan yang mulai dibuka. Tengoklah sisi timur kota Jogja yang hijau, pegunungan sewu atau pegunungan seribu yang menyimpan seribu pesona alam. Sebagai daerah dataran tinggi dihiasi gunung Karst yang hijau oleh jati, Gunungkidul memiliki panorama yang tak ada duanya di Jogja.

Watu Payung Turunan merupakan salah satu lokasi wisata alam baru di Gunungkidul yang mampu menghipnotis wisatawan karena indahnya panorama yang disuguhkan. Termasuk dalam obyek wisata Geoforest Turunan karena berlokasi di kawasan perbukitan karst. Berwisata di kawasan ini Anda akan ditawari pengalaman wisata baru yaitu trekking di bebatuan karst yang sangat terjal.

Geoforest Watu Payung Turunan

Sumber: instagram/@ariwyo

Tidak hanya itu, Anda akan menemukan spot goa jodoh namanya atau goa pertapaan, pemandangan alam hijau yang membentang, dan aliran sungai Oya yang membelah bukit Kediwung. Penampakan alam ini sama persis seperti wisata alam di Mangunan. Namun, wisata Watu Payung Turunan tak kalah keren dengan Mangunan, yuk baca ulasan singkat mengenai obyek wisata ini.

Lokasi Obyek Wisata

Lokasi obyek wisata Watu Payung Turunan ini terletak di Girisuko, Panggang, Gunungkidul. Buka setiap hari mulai pukul 4:45 pagi hingga 6 sore.

Rute Perjalanan yang Harus di Tempuh

Rute perjalanan menuju Watu Payung Turunan ini cukup mudah. Berangkat dari kota Jogja menuju jalan Wonosari. Ikuti jalan utama hingga sampai di pertigaan lapangan terbang Gading belok kanan ke arah pasar Playen. Kemudian belok kanan, sampai dipertigaan air terjun Sri Gethuk, ambil jalan lurus sampai di perempatan balai desa Banyusoca. Lalu belok kiri menuju Padukuhan Gedad dan pacu kendaraan Anda sejauh 3 km dan sampailah di Watu Payung Turunan,

Ada alternatif jalan lain yang bisa Anda tempuh, yaitu melalui jalan Imogiri. Dari jalan Imogiri, langsung saja menuju jalan Siluk-Panggang. Susuri jalan utama sampai di pertigaan Bibal. Lalu belok kiri menuju arah Turunan. 2 km dari Padukuhan Turunan, Anda akan sampai di Watu Payung Turunan sebelah kiri jalan.

geo forest watu payung

Sumber: instagram/@ericvirgiawan

Tiket Masuk dan Parkir

Anda yang ingin menikmati hijaunya alam, sejuknya udara Gunungkidul, dan bersantai di kawasan geoforest Watu Payung Turunan ini, tidak akan dipungut biaya untuk saat ini. Hanya saja diwajibkan membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 saja.

Fasilitas yang Tersedia

Meskipun, terbilang wisata baru yang belum ramai pengunjung, namun sudah tersedia fasilitas yang cukup lengkap seperti, lahan parkir, toilet, tempat istirahat, warung makan, mushola, pusat informasi dan gardu pandang.

Ativitas yang Bisa Dilakukan

Karena termasuk wisata baru, Anda harus segera datang berwisata ke Watu Payung Turunan ini. Pasti Anda akan merasakan nikmatnya pemandangan di bukit sendiri, karena belum ramai pengunjung. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan, seperti bersantai menikmati pemandangan alam yang terbentang luas di gardu pandang. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan indahnya lukisan Tuhan tersebut.

Anda juga bisa menikmati sunrise dan sunset di sini. Banyak wisatawan yang datang di pagi buta, untuk bersiap melihat mentari muncul dari persembunyiannya di ufuk timur. Di pagi hari, bukan sunrise saja yang bisa Anda nikmati, tetapi juga udara pegunungan yang segar dan dinginnya hawa khas pegunungan. Anda juga akan mendapatkan pemandangan indah, yaitu kabut pekat di sekitarnya. Serasa negeri di atas awan. Jangan sampai Anda lupa mengabadikan moment yang indah tersebut. 

Indahnya sunset di ujung barat juga bisa Anda nikmati tanpa penghalang apapun. Merahnya langit sore dan sunyinya pegunungan akan membuat Anda terhipnotis. Pemandangan terbaik dari atas bukit karst akan Anda temui di wisata Watu Payung Turunan.

geo forest watu payung turunan

Sumber: instagram/@gunawanwicaksono28

Foto-foto yang Anda abadikan di wisata Watu Payung Turunan ini tak akan kalah hits dengan foto-foto selebgram yang mungkin telah lebih dulu mengunjungi wisata ini. Anda cukup menunggu moment dan tentukan angle yang tepat agar foto yang Anda dapatkan bagus maksimal. Pemandangan kabut di atas bukit bak negeri di atas awan yang menjadi latar foto Anda, bakal jadi hits. Wisata Watu Payung Turunan ini memiliki spot foto yang intsagramable, oleh karena itu, jangan lupa ajak teman-teman atau sahabat datang kemari, dan ajak mereka untuk sama-sama hits ya. Dan jika ingin berlibur di jogja tidak repot dan ribet cukup hubungi kami kartanesia, ada banyak pilihan paket wisata jogja dan paket sewa mobil jogja murah yang akan siap memanjakan liburan anda di jogjakarta. Tenang saja, Harga hemat untuk kualitas liburan terbaik !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *