Punthuk Setumbu Pindah di Prambanan Sleman: Spot Riyadi Prambanan

Spot Riyadi Prambanan

Kartanesia – Jelajah Jogja tidak perlu ribet lagi. Lebih-lebih jika kamu menyukai nuansa perbukitan dan bisa dinikmati saat pagi dan malam hari, bonusnya, kami bisa sekaligus melihat Prambanan sebagai obyeknya. Salah satu spotnya yang asyik bernama Spot Riyadi Prambanan. Spot Riyadi Prambanan ini telah menjadi kawasan indah untuk melihat area Jogja dari ketinggian dan view yang berbeda.

Spot Riyadi Prambanan mulanya dikenal oleh penikmat fotografi yang acapkali memburu kabut di kala pagi di atas bukit. Adapun pada mallam harinya, pemilik lensa-lensa canggih di Jogja juga tidak kalah seru mengabadikannya pada malam hari. Oleh karenanya banyak yang menyebut kawasan ini sebagai Punthuk Setumbunya Candi Prambanan.

Indahnya memandang Jogja dari kawasan perbukitan Prambanan ini berada di dusun Sumberwatu, desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Spot Riyadi juga telah memberi penawaran keindahan dengan Gunung Merapi sebagai backgroundnya di sisi tenggara.

Lokasi Spot Riyadi Prambanan

Sementara itu, lokasi Spot Riyadi Prambanan ini masih dekat dengan resort Sumberwatu Heritage Resort (SWH) serta Abhayagiri Restaurant. Akses dari kota Jogja, wisatawan hanya perlu menuju ke arah candi Prambanan yakni menuju jalan Jogja-Solo. Dari gapura perbatasan Jogja dan Jateng, ambilah jalan menuju ke arah Sumberwatu Heritage Resort. Lalu melintasi kawasan pemukiman warga perlahan. Berikutnya dari tepian jalan dekat Sumberwatu Heritage Resort carilah jalan cor semen menuju ke belakang resort tersebut.

Lalu, dari jalanan cor semen tersebut hingga perempatan jalan dekat pos ronda arahkan setir menuju ke arah kiri sejauh 200meter. Lalu, sesampainya di Spot Riyadi Prambanan, kendaraan bisa diparkirkan di rumah penduduk, namun harus tetap izin!

Asal Muasal Spot Riyadi Prambanan

Spot Riyadi Prambanan adalah lokasi tepat untuk Anda yang ingin menilik Prambanan dan Gunung Merapi sebagai bentuk background fotonya. Titik lokasi ini tidak lain adalah di depan rumahh bapak iyadi di perbukitan Sambirejo Prambanan. Oleh karenanya, demi mempermudah penyebutan lokasii maka nama bapak pemilik rumah tersebutlah yang dijadikan nama obyek wisata ini.

Posisi dari Spot Riyadi menghadap menuju ke utara. Indanya sawah-sawah Jogja terhampar di bawah bumi Mataram ini. Petak-petakan sawah juga sangat mendominasi area spot Riyadi Prambanan ini. Kendaraan roda empat yang berlalu lalang hampir tidak terlihat. Komposisi dari petakan sawah hijau bergaris unik menarik untuk sekdar diamati dna diambil gambar.

Lebih menarik lagi, ketika kamu menikmati indahnya pemandangan Gunung Merapi manakala cuaca cerah. Di pagi harinya pengunjung biasa menikmati indah kawasan saat mentari terbit dan melihat kompleks candi Prambanan nan megah.

Hingga kini, kawasan Spot Royadi Prambanan menjadi kawasan yang cukup diminati oleh banyak pengujung. Apalagi mereka pencita fotografi. Dan sekarang kawasan ini sudah mulai banyak pengembangan. Termasuk ada banyak spot unik, lengkap dengan ornament kekinian yang sangat selfiable.

Kini tinggal pilih kapan berkunjung ke spot Riyadi Prambanan. Dikala pagi, ada kabut, sunrise, dan sajian persawahan yang menyejukkan mata. Bonusnya ada candi Prambanan kokoh berdiri ditengah hijau kawasan sekitar serta Gunung Merapi yang gagah menghiasi. Sementara itu di malam harinya Anda bisa melihat lampu-lampu menyinari kawasan Prambanan, bintang bertabur di bumi Jogja, juga langit yang mengukuhkan suasana. Sementara spot-spot foto serunya bisa menyesuaikan dua keadaan tersebut.

Selain Spot Prambanan, Jogja ini masih ada banyak tempat-tempat seru yang mendatangkan album foto apik dan menarik. Termasuk di deretan bukitnya. Ada Bukit Bintang, ada juga Pintu Langit Dahromo, Bukit Lintang Sewu, serta masih ada banyak lainnya.

Dan kabar baiknya untuk Anda yang ingin singgah ditempat wisata Jogja satu dan lainnya, Anda bisa dengan mudah mengikuti paket tour Jogja/paket wisata Jogja dari Kartanesia Tour. Kami mempunyai ragam paket wisata menarik yang mana akan disesuaikan dengan season dan budget Anda. Budget minim sekalipun nyatanya Anda bisa berwisata seperti ke Spot Riyadi Prambanan ini.

Jam buka dan tiket masuk Spot Riyadi

Jam buka Spot Riyadi Prambanan dimulai sejak jam 5 pagi hingga jam 11 malam.  Biaya parkirnya dikenakan tariff Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk parkir mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *