Percaya Ini Jenis Camilan yang Buat Kalian Rindu dengan Jogja

Kartanesia – Jogja memang tidak pernah berhenti berkreasi. Salah satu yang terkenal yaitu berbagai destinasi wisata baik dalam wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja, maupun wisata kuliner. Selain gudeg dan mungkin sedang mencari aneka ragam camilah khas yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda singgah di Jogja.

Perihal kuliner, Jogja juga tidak pernah kehabisan jajanan dan camilan yang menjadi favorit wisatawan. Lalu apa saja camilan enak yang bikin kalian rindu dengan Jogja? Camilan enak di Jogja yang buat rindu ada di sini.

  • Bakpia Pathok

Siapa yang tidak mengenal camilan khas Jogja ini, camilan enak di Jogja yang sangat direkomendasikan untuk dibeli manakala sedang berkunjung ke kota adalah bakpia Pathok. Bakpia, menjadi sentra jajanan khas yang mempunyai cita rasa unik dan wajib dijadikan buah tangan dari kota Gudeg ini. Mungkin oleh-oleh satu ini memang ada di daerah kalian, tapi yang namanya khas sudah pasti berbeda baik dari cita rasa maupun bentuknya.

  • Yangko

Camilan berikutnya yang bisa ditemui di kota Jogja ini adalah Yangko. Makanan ini dibuat dari kean yang berbentuk kotak dilapisi tepung terigu. Terkenal dengan tekstur kenyal dan rasa manisnya sehingga disebut “moci Jogja”. Yakin tidak kangen Jogja kalau ketemu si Yangko ini?

  • Cokelat Monggo

Saat berkunjung ke kota Jogja, jangan juga lupakan camilan cokelat Monggo satu ini. Cokelat Monggo mempunyai tempat produksi khusus yang mana lokasinya berada di Kota Gede, Jogja. Di pabrik tersebut Anda akan menemukan berbagai macam rasa cokelat dengan berbagai ukuran dan bentuk serta rasa yang beraneka ragam.

  • Geblek

Geblek ini menjadi makanan khas Kulon Progo Jogja yang mana camilan ini terbuat dari bahan dasar aci seperti halnya cireng. Namun di sisi uniknya, camilan ini adalah cita rasa dan bentuknya. Bentuk camilan ini seperti angka delapan namun rasanya merupakan rasa aci murni yang digoreng.

Camilan ini sangat cocok dinikmati selagi hagat karena jika sudah dingin maka teksturnya akan berubah menjadi keras dan sangat kenyal. Cocok juga dinikmati bersama tempe bacem yang manis, atau tempe benguk.

  • Geplak

Berbeda dengan geblek, nama geplak ini termasuk makanan khas Jogja yang masih bisa ditemukan khususnya di daerah Bantul. Geplak mempunyai ciri rasa kue yang mana pemasarannya sudah ada di beberapa tempat termasuk pusat oleh-oleh Jogja. Rasa geplak yang manis dan bentuknya yang bulat warna warni membuat makanan ini banyak disukai berbagai kalangan dan menjadikan geplak ini sebagai oleh-oleh khas Jogja yang sayang untuk dilewatkan.

  • Grubi

Jika Anda singgah ke Jogja dan mencari makanan yang mulai langka ini, adalah Grubi. Grubi merupakan makanan/camilan yang mana terbuat dari bahan dasar ubi. Proses pembuatannya dimulai dari pengupasan ubi kemudian dibersihakn dan diletakkan di mesin pemaruut dan diparut sehingga bentuknya mirip mie. Lalu barulah di goreng dan dicampur dengan karamel.

  • Kue Ukel

Kue Ukel ini menjadi salah satu camilan enak di Jogja yang mana bisa dibilang menjadi jajanan tradisional warisan nenek moyang di kota Gede Yogyakarta. Kue ini dapat Anda jumpai di toko kue dan pasar tradisional Yogyakarta. Saat Anda menggigitnyam ada tekstur lembut, empuk, dan lezat yang mana hasil dari penggunaan tepung ketan, telur, santan, dan gula pasir sebagai bahan utamanya dicampur dengan berbagai bahan lain.

  • Kipo

Kipo, jajanan pasar khas Kota Gede yang hampir punah ini mulai sulit ditemukan. Kecuali jika kamu singgah langsung ke pasar kota gede. Jajanan ini telah menjadi makanan bersejarah sejak jaman kerajaan Mataram. Kipo adalah singkatan dari “iko opo?” atau dalam bahasa Indonesia diartikan “ini apa?” karena seringkali dipertanyakan oleh pembeli, akhirnya jajanan ini disebut sebagai Kipo. Terbuat dari tepung dan gula diberi pewarna hijau dan dialasi dengan daun pisang.

  • Kue Adrem (Tolpit)

Salah satu kuliner tradisional dari Bantul yang cukup terkenal adalah kue adrem. Rasa kuenya jelas tidak perlu diragukan lagi karena dibuat dari campuran tepung beras dengan gula Jawa. Biasanya camilan ini disajikan sembari minum teh atau suguhan saat hajatan. Yang membuat kadang lucu saat terdengar adalah kepanjangan dari tolpit yaitu kontol kejepit. Hehehe memang ada ada saja riwayat tradisionalan.

  • Cilok Gajahan

Cilok Gajahan menjadi camilan yang menjadi salah satu camilan/jajanan enak khas Jogja yang selalu diburu oleh pengunjung ketika berada di alkid. Bahkan pembeli sampai rela mengantri mengular demi mendapatkan cilok legendaris ini. Harga murah dan dapatnya banyak, serta rasanya enak!

  • Lopis Mbah Satinem

Lopis Mbah Satinem merupakan lopis legendaris yang berada di Jogja karena sudah berjualan sejak tahun 1963. Mbah Satinem sudah mulai berjualan di pertigaan Bumijo. Selain di Lopis, beliau juga menjajakan aneka jajanan pasar laiin seperti thiwul, gatot, cenil, dan masih ada banyak yang lainnya.

  • Gatot

Gatot merupakan makanan tradisional asli Gunungkidul Yogyakarta dan biasanya dimakan dengan sayuran pengganti nasi. Makanan ini menjadi makanan yang sangat difavorit masyarakat pegunungan karst Jogja ini. Rasanya manis, lezat, dan gurih. Bisa jadi camilan rekomendasi agar kamu semakin kangen Jogja.

  • Thiwul

Thiwul juga menjadi salah satu makanan khas yang berasal dari Gunungkidul. Thwiul saat ini sudah banyak mengalami modifikasi rasa dan penyajian. Hingga kmini makanan ini menjadi camilan enak dan biasa dijadikan makanan/camilan wajib saat jajan di pasar.

  • Cethil

Dari namanya yang “Jawa” banget ini kalau dalam bahasa Indonesia diartikan ‘pelit’. Biasanya si cethil ini menjadi teman makanan yang lain yaitu thiwul. Kalau ada cethil ada thiwul. Tapi selera, tidak ada thiwul juga tidak masalah. Kalau jajan ke pasar tradisional, menjumpai makanan satu ini npasti sangat memungkinkan untuk ditemukan. Cemilan ini berasal dari tepung tapioka dan diberi pewarna. Rasanya gurih dan manis. Bentuknya kecil-kecil tapi menggigit.

  • Cara Bikang Bu Sri

Pojokan pasar Sleman sudah lama ada ibu-ibu jualan Cara Bikang. Dimasak secara tradisional dan aromanya khas dan harga murah. Selain rasanya enak dan tekstur kenyal, cara ini bisa lebih nikmat dinikmati saat panas-panas.

Demikian tadi adalah camilan khas Jogja yang bisa membuatmu kangen berat dengan kota Gudeg ini. Entah dari segii rasa yang manis sesuai khasnya, bentuknya yang unik, sejarahnya, ataupun nostalgia. Nah untuk Anda yang ingin memburu makanan atau camilan di Jogja tadi bisa saja kok jika sembari melakukan tour dari paket wisata Jogja bersama Kartanesia. Hal wajib yang Kartanesia lakukan selain mengantar ke tempat wisata adalah menuju ke tempat oleh-oleh. Nah di lokasi ini Anda akan menemukan banyak makanan/camilan enak Jogja tadi dan bisa dijadikan oleh-oleh untuk yang di rumah. (susisetya/Kartanesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *