11 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui untuk Mendapatkan Pengalaman Berbeda Saat Pertama Kali ke Jogja

Kartanesia – Siapa yang tidak tertarik dengan Jogja? Suasananya yang selalu bikin kangen pasti dirasakan oleh hamba –hamba yang sudah mengunjunginya. Tapi yakinlah, kepada yang belum pernah berkunjung sekalipun cobalah cermati beberapa hal berikut ini. Pasti bikin ingin balik lagi!

1. Di Jogja ini ada banyak transportasi yang bisa kamu andalkan tapi daripada ribet mending sewa motor atau sewa mobil saja

Jogja memang memiliki transportasi umum yang memiliki 19 trayek dengan tarif cukup murah yakni sekitar Rp. 4.000 dari jam 5 pagi hingga jam 6 sore. Tapi waspada saja karena copet bisa berpakaian rapi. Bus Trans Jogja cukup nyaman karena sudah menggunakan AC apalagi sudah bisa diandalkan karena lebih tertib. Bus Trans Jogja beroperasi dari jam 6 pagi hingga jam setengah 10 malam. Trans Jogja juga bisa mengantar hingga ke bandara dan Prambanan. Tapi kadang kondisi busnya ada beberapa yang kurang nyaman.

Oleh karena itu, coba saja untuk sewa motor di Jogja atau sewa mobil Jogja. Kamu bakal lebih bebas berkeliling Jogja dan kamu bisa mengatur schedule kapan harus berangkat berwisata atau singgah untuk makan siang dan makan malamnya. Bahkan untuk sekedar mencari cendera mata khas dari wisata.

2. Kalau lebih ingin berbaur dengan suasana Jogja ada baiknya kamu piilih penginapan di sekitar Malioboro

Jangan khawatir untuk kamu yang baru pertama kali singgah di kota Jogja. Mungkin juga ingin merasakan berbaur dengan atmosfer kota Gudeg ini. Oleh karenanya, agar lebih melengkapi misimu dalam berlibur di Jogja, kamu bisa bermalam di kawasan Malioboro. Ada berbagai macam pilihan hostel, hotel melati, atau juga hotel berbintang dari bintang satu sampai bintang lima. Jika kamu ingin menginap dengan tarif murah, kamu bisa singgah di gang-gang seputar Sosrowijayan dan Dagen yang akan menawarkan kamar murah dan nyaman dengan harga terjangkau tidak pada high season ya.

3. Selain Sosrowijayan, jika kamu ingin lebih dekat dengan turis, bisa menuju ke kawasan Prawirotaman

Selain Malioboro, kawasan Prawirotaman juga menjadi alternatid tempat menginap yang cukup lumayan. Apalagi lokasi menjadi daerah menginap favorit turis mancanegara. Apalagi kalau kamu berniat gaetin dia, siapa tahu malah bisa diajak keliling bareng, benar?

4. Kamu bisa keliling naik becak atau delman asal dealing sebelum keputusasn rute dan harga naik

Belum afdol rasanya jika belum jalan-jalan naik becak atau delman. Namun sebelumnya, lakukan kesepatakannya terlebih dahulu. Jangan sampai kamu dikenakan tarif mahal setelah puas berputar.

Sebelum dia mengantar ke pusat oleh-oleh sementara kamu tidak membeli apa-apa, bersiaplah untuk dibuat cemberut olehnya sepanjang jalan. Hehehe

5. Kalau ngga pakai kompas ya GPS. Karena warga Jogja tidak akan menunjukkan jalan ke kanan atau kiri namun dengan mata angin

Bingung kan pastinya jika baru pertama singgah tiba-tiba ke utara, selatan, barat, timur, sementara kalau tidak karena sinar matahari pasti “keder”. Oleg karena itu mending kamu siapkan smartphone kamu untuk gps atau kompas arah. Hehehe apalagi kebanyakan warga Jogja tidak begitu paham nama jalan yang ada dii Jogja, mungkin patokannya adalah Landmark atau gedung-gedung yang pernah mereka ketahui. Jadi bersiaplah membuka dan harus nurut dengan gps ya.

6. Cicipi ikon kuliner Jogja: Gudeg, Angkringan, atau Burjo

Biar semakin lengkap pengalamanmu pertama kali ke Jogja, kamu bisa singgah menuju ke ikon kuliner seperti gudeg, angkringan dan burjo.kalau kamu memilih angkringan dan burjo, bersiaplah merasakan pengalaman luar biasa yang dirasakan oleh ribuan mahasiswa yang menempuh studi di Jogja, apalagi saat akhir bulan!

Kalau sensasi Gudegnya, kamu bisa singgah di kampung Wijilan atau di sentra Gudeg Jalan Kaliurang (utara Perhutanan UGM). Harganya terjangkau dan banyak penjual gudeg hingga tengah malam. Kalau mau Angkringan, di sepanjang jalan Tugu Jogja ke arah Malioboro ada sederet angkringan yang bisa kamu singgahi kok.

7. Siapkan waktu seharian untuk jalan kaki ke arah pusat kota yakni Malioboro, Titik Nol Km, Keraton, Taman Sari, Hingga Alkid

Luangkan satu hari untuk jelajah kawasan Malioboro hingga Alun-alun Kidul. Kamu bisa melihat deretan souvenir yang merajuk untuk disambangi. Lalu kamu juga bisa berbelanja ke Pasar Beringharjo untuk memburu batik. Setelah itu bisa ngadem di Benteng Vredeburg. Setelah itu bisa ikut berkerumun di Titik Nol Km, lalu menuju ke istana Sultan Jogja  yakni Keraton Yogyakarta. Barulah menuju ke tempat pemandian keluarga raja pada masanya yakni Taman Sari. Di amalm harinya kamu bisa singgahi Alun-alun kidul untuk merasakan hebohnya bersepeda atau kayuh sepeda hias full musik atau kamu bisa menuju ke Tugu Jogja sebagai penggantinya.

8. Candi Borobudur dan Candi Prambanan itu beda arah, jadi pilih salah satunya

Bagi yang pertama kalinya singgah ke Jogja, jejaki candi-candi legendaris ini. Candi Prambanan atau Candi Borobudur, beda keduanya adalah lokasinya yang berada di Jogja-Klaten, serta Candi Borobudur di Magelang. Arahnya berlawanan jadi lebih baik pilih salah satunya.

9. Rasakan pantai-pantai cantik Jogja, kalau ingin ke kawasan Bantul bisa sambangi Parangtritis, jika ke Guunungkidul pilih dari ratusan pantai pasir putih

Mantai di Jogja juga menjadi hal yang perlu kamu lakukan. Apalagi jika inin bertenda dan liburanmu terbatas. Kalau ke arah Bantul kamu bisa menuju langsung ke pantai legendaris yakni Pantai Parangtritis. Namun sekarang tidak hanya Parangtritis saja namun juga bisa menuju ke Gunungkidul untuk mendatangi pantai eksotisnya.

10. Pengen membawa pulang batik untuk oleh-oleh? Melipir saja ke Pasar Beringharjo!

Bawa pulang batik sebagai oleh-oleh tidak ada salahnya, apalgi jika baru pertama kali singgah ke Jogja. Mending kamu blusukan menuju ke Pasar Beringharjo. Kalau ngga dapat yang cocok, kamu masih bisa melakukan banyak aktivitas lainnya. Hehehe

11. Jangan lupa sama Bakpia

Bukan sekedar enak, namun juga ditemukan dari produsen besar hingga produsen rumahan di kawasan Pathuk. Tentu, yang namanya Bakpia ini jadi oleh-oleh wajib kamu sebelum pulang dari Jogja. Kawasan utama untuk mecari bakpia adalah di daerah Pathuk. Sentra bakpia ini menghasilkan berbagai macam rasa bakpia yang enak tur murah.

Nah demikian tadi tips untuk kamu yang ingin singgah ke Jogja pertama kalinya dan bersiap mendapatkan pengalaman yang mengesankan. Mungkin masih ada tips tips lain, termasuk cara mudah kamu untuk singgah di Jogja. Kamu bisa menggunakan travel agent yang menyediakan berbagai pilihan paket murah sudah termasuk penginapan, makan, tiket tempat wisata, juga kendaraan. Jadi kamu tinggal duduk manis untuk menikmati perjalanannya. Piliha saja paket tour Jogja dari Kartanesia deh daripada harus cari sana-sini. Kami bikin perjalananmuu simpel tapi berkesan, apalgi sat baru pertama kali datang ke Jogja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *